Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gending Jawa Nyi Tjondrolukito Sri Mataram

 Memanfaatkan IPTEKS untuk mengumpulkan, mendapatkan, dan juga mengolah berbagai pemahaman tentang bentuk gamelan, fungsinya, titilaras, pathet, teknik menabuh, serta bentuk gending untuk meningkatkan keterampilan karawitan gaya Surakarta, dengan penekanan pada bentuk gending lancaran dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah.


Oleh karena itu, Memahami konsep teoretis tentang gamelan, fungsinya, titilaras, pathet, teknik menabuh, dan bentuk gending adalah hal yang diperlukan dalam gending jawa. Anda juga harus dapat memformulasikan solusi untuk berbagai masalah dalam karawitan gaya Surakarta dengan penekanan pada bentuk gending lancaran secara prosedural.

mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis data dan informasi, dan menawarkan rekomendasi untuk berbagai solusi untuk menyelesaikan dan memecahkan masalah karawitan gaya Surakarta, dengan penekanan pada cara gending lancaran dapat digunakan untuk mengajar bahasa Jawa di sekolah.

Termasuk Gending Jawa Nyi Tjondrolukito yang berjudul Album Sri Mataram ini. Kaset ini mempunyai side A dan Side B yang berisi:

Side A

Sri Mataram Kalajengaken Playon Sirep Rambangan Sekar Kinanti. Laras Slendro Patet Manyuro.

Side B

Ladrang Mangsahpati Ketawang Madimurti Playon Rambangan Sekar Gambuh Sirep Suwuk. Laras Pelog Patet Barang.

Kaset ini ada juga wiraswara dari Sdr Sutono dan Sdr Suprapto. Di karawitan oleh Ngesti Budoyo pimpinan Ki Tjondrolukito.

Anda bisa unduh lengkap album ini di Gending Sri Mataram.

Posting Komentar untuk "Gending Jawa Nyi Tjondrolukito Sri Mataram"