Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alamat SD IT Amal Insani Jepara

Sekolah SD Islam Terpadu ini menerapkan konsep sekolah yang berdasarkan pendidikan Islam berfaham pemikiran islam modern. Dengan berslogan kembali kepada AlQur’an dan juga As Sunnah. Konsep Sekolah tersebut masih menggunakan akumulasi dengan proses pembudayaan, pewarisan dari ajaran agama Islam. 


SDIT ini menjadi sekolah dalam gerak da’wah yang sebagai bentuk “perlawanan” terhadap pemahaman sekuler, dikotomi, juz’iyah. 

Konsep Sekolah SIT ini dicirikan dalam penerapannya sebagai sekolah yang menggunakan metode pelaksanaan dengan menggabungkan pendidikan umum dan pelajaran agama menjadi satu jalinan kurikulum. Dengan pendekatan ini, tidak ada topik atau kegiatan di sekolah yang dapat dipisahkan dari konteks keyakinan dan nilai-nilai Islam. Tidak ada dualitas, tidak ada pembagian, tidak ada "sekularisasi" di mana kelas dan semua percakapan dipisahkan dari prinsip dan ajaran Islam, atau "sakredisasi" di mana Islam diajarkan terlepas dari konteks kehidupan saat ini dan batin. Konsep dan norma Islam digunakan untuk menyusun mata pelajaran umum seperti matematika, ilmu alam, ilmu sosial, bahasa, dan kemampuan fisik/kesehatan. Sementara itu, dalam pelajaran agama, kurikulumnya dilengkapi dengan fokus pada situasi kontemporer, serta penghargaan dan manfaat.

Sekolah SDIT ini juga mempromosikan integrasi dalam proses pembelajaran untuk memaksimalkan domain kognitif, emosional, dan kognitif-afektif. Konsekuensi dari integrasi ini memerlukan penciptaan pendekatan proses pembelajaran yang kaya dan beragam yang menggunakan beragam media dan materi pembelajaran. Teknik pembelajaran menekankan pada penerapan dan pendekatan peningkatan pemberdayaan otak kiri dan otak kanan. 

Pembelajaran yang digunakan berbentuk (a) problem solving, yang mendidik siswa untuk berpikir kritis, metodis, logis, dan kreatif, dan (b) kreativitas, yang melatih siswa berpikir orisinal, luwes (fleksibel), fasih, dan imajinatif. Kecakapan dalam melaksanakan berbagai tugas yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya.

Sekolah SDIT ini mengintegrasikan keterlibatan dan keterlibatan aktif dalam lingkungan belajar, yang meliputi sekolah, rumah, dan masyarakat. SDIT berupaya memaksimalkan dan menyelaraskan tanggung jawab guru, orang tua, dan masyarakat dalam proses pengelolaan sekolah dan pembelajaran, sehingga terjadi sinergi positif dalam pengembangan kompetensi dan karakter siswa. Orang tua terlibat aktif dalam memperkaya dan memberikan perhatian yang layak terhadap proses pendidikan anak-anaknya. Namun, kegiatan ekstrakurikuler atau pertemuan mendekatkan anak dengan dunia nyata yang ada di masyarakat.

SDIT merupakan sekolah SD yang disusun dengan mengintegrasikan secara integratif akidah dan ajaran Islam dalam pengembangan kurikulum dengan strategi pembelajaran yang efektif dan interaksi yang optimal dan kooperatif antara guru, orang tua, dan masyarakat untuk meningkatkan karakter dan kompetensi siswa.

Menurut Kebijakan Standar Konsep Jaringan Sekolah Islam Terpadu, inilah yang dimaksud dengan Sekolah Islam Terpadu (JSIT). Konsep yang diusung oleh SDIT ini agar orang tua memahami gagasan tersebut sejak awal dan dapat mempersiapkan diri mereka dan anak-anak mereka untuk menghadapi dampaknya.

SD IT Amal Insani Jepara ini menjadi Sebab berdirinya SD UT (Unggulan Terpadu) Bumi Kartini Jepara. Kehadirannya di tengah masyarakat dapat memberikan pilihan kepada masyarakat dimana dengan konsep pendidikan yang unggul dan terpercaya.

Berikut adalah alamat dari SD IT Amal Insani Jepara

Alamat : Desa Bapangan Tengger RT 02 RW 01 Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara

Telp kontak: 0291 4299843

e-mail: sditamalinsani_jepara @ yahoo. co. id

www. sd-itamalinsanijepara. sch. id/

Posting Komentar untuk "Alamat SD IT Amal Insani Jepara"