Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alamat SD UT Bumi Kartini Jepara

Di seluruh Indonesia, khususnya Kabupaten Jepara, tuntutan masyarakat akan pendidikan dasar yang unggul semakin meningkat. Di satu sisi, kesadaran masyarakat akan kompleksitas kesulitan era globalisasi semakin meningkat, sementara di sisi lain terjadi stagnasi kualitas lembaga pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan swasta/masyarakat.


Dunia pendidikan, seperti pendidikan agama di Indonesia, masih dipisahkan menjadi dua bagian: pendidikan umum dan pengajaran agama (mengajarkan ilmu-ilmu keislaman). Anak-anak bersekolah di sekolah dasar pada pagi hari dan kemudian bersekolah di madrasah diniyah di ruang dan lokasi tersendiri pada sore hari. 

Keduanya memiliki ciri-ciri pertumbuhan mental moral-etis dan karakter siswa yang sama. Pendekatan ini (sekolah pagi dan sore) baru-baru ini kurang disukai dan sedang dihapus. Dengan berbagai alasan, orang tua/masyarakat saat ini memilih sekolah dasar yang “mengintegrasikan” keduanya dalam satu sistem pengajaran pendidikan dasar yang diawasi oleh satu manajemen sekolah, sehingga menjadi sekolah dasar terpadu atau disebut juga full day school.

Di era globalisasi ini, bahasa Inggris dan bahasa Arab merupakan mata pelajaran wajib mulai dari sekolah dasar. Kontak manusia, serta interaksi antara pemerintah dan bangsa, mengharuskan generasi kita untuk dapat berbicara dalam bahasa dunia. Padahal bahasa Arab sangat penting untuk memahami dan mengembangkan Alquran dan disiplin ilmu agama lainnya. 

Banyak orang terpelajar di komunitas kami berbicara bahasa Arab, tetapi relatif sedikit yang berbicara bahasa Inggris. Paradigma ceramah, di mana pengajar menjadi titik fokus pembelajaran (berpusat pada guru), sudah tidak berlaku lagi. Sudah saatnya menerapkan strategi pembelajaran aktif (active learning) yang menempatkan anak sebagai pusat pembelajaran (student centered), menjadikan pembelajaran jauh lebih menarik (better teaching and learning).

Oleh karena itu, inilah sejarahnya keberadaan SD UT Bumi Kartini Jepara. Berikut adalah alamat SDUT Bumi Kartini Jepara:

Jl. Cangkring Rt 03 Rw 01 Kuwasen, Kecamatan Jepara, Jepara Kode Pos. 59431
Email : sdut.bumikartini@gmail.com
Instagram : SDUT Bumi Kartini
Facebook : SDUT Bumi Kartini Jepara
www. sdut. bumikartini. sch. id

Posting Komentar untuk "Alamat SD UT Bumi Kartini Jepara"