Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Mayong Jepara

Sejarah PKU Muhamadiyyah Mayong Jepara telah ada sejak tahun 1969 M. Dulu bernama BP.PKU Muhamadiyah Pecangaan di Mayong. Pertama Kali beroperasional di rumah Bp.H. Abdul Majid (Almarhum), dan operasional bekerja deengan baik sampai tahun 1985 M.

Setelah Pendiri H. Abdul Majid meninggal dunia, Rumah sakit dijalankan oleh asistennya bernama Kosmanto, dan dikarenakan kurang tenaga yang professional (SDM rendah) mengakibatkan Rumah sakit PKU Pecangaan di Mayong tidak bekerja dengan baik.

Sehingga Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Mayong menghidupkan lagi Rumah Sakit dengan cara iuran. Dan tahun 1989, RSU PKU Muhammadiyyah Mayong berjalan lagi dengan baik. Terbentuklah kepengurusan baru dalam menjalankan Rumah Sakit tersebut. yaitu: Ketua oleh Bpk.  Syumi Harsono, Sekretaris oleh Bpk. M. Yusuf. dan Bendahara oleh Bpk. H. Chumaidi.

Untuk memulianya kembali membutuhkan tempat opersional yang lebih memadai. Saat itu rumah Bpk. Ali Masruri dijadikan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Mayong untuk sementara waktu. Dan dokter jaga kali pertama adalah dr. Suwindi yang berasal dari Tegowanu, Kabupaten Grobogan. dan juga asisten dokter yaitu Noor Rouf.

Perjalanan Rumah Sakit PKU ini dibawah Rumah sakit PKU Truko kabupaten Kendal. Dengan terus koordinasi sebagai pendampingan dengan dr.H. Nor Yazid. Akhirnya PKU Mayong ditambah lagi 2 dokter yaitu, dr. Saftiko dan dr. Anwar. Alhasil RS PKU Mayong berhasil dikembangkan dengan baik. Penambahan dokter pun terus dilakukan setelah semuanya berjalan dengan baik yaitu dr. Noer Wijayahadi. Kesuksesan Kepengurusan tersebut ditunjukkan di tahun 1991 dengan berdirinya gedung baru PKU, yang terletak di timur madrasah/SMA M (dengan izin dari PCM Mayong) dan tahun 1992 Gedung Rumah Sakit PKU Muhamaiyyah Mayong diresmikan oleh pemerintah, bupati jepara (Drs. Bambang Purwadi).

Dengan kepopuleran dr.Noer Wijaya, RSU PKU Muhamadiah Mayong semakin maju. Pembangunan gedung semakin meluas. Dan Tahun 2000, RSU PKU dapat berdiri sendiri di tanah sendiri dengan luas tanah 1750 m2 bersertifikat atas nama persyarikatan Muhamadiyah. Tahun 2003, dilanjutkan pembangunan dan perluas-an dengan kontruksi untuk gedung tingkat.

Berikut adalah sejarah singkatnya:
  • Periode I (1969-1975), langkah pertama perkenalan Balai-Pengobatan PKU ke masyarakat. 
  • Periode II (1975-1985), dipimpin langsung Alm H. Abdul Madjid, dapat memperkenalkan PKU Mayong ke Masyarakat.
  • Periode III (1985-1989), Kefakuman PKU Mayong. dengan meninggalnya pemimpin PKU, Bpk. H.Abdul Madjid.
  • Periode IV (1991-2005), Tahap perjuangan dan keberhasilan pertama kembali sehingga mempunyai Gedung sendiri.
  • Periode V (2005-2010), Tahap peralihan dengan Direktur dr.H. Zakariya. Peralihan dari Balai Pengobatan menjadi Rumah Sakit Umum. 

Alamat Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyyah Mayong Jepara ada di:
Jalan Pegadaian No.12, Kecamatan Mayong kabupaten Jepara 59465, Jawa-Tengah.
IGD (0291) 7520706
(0291) 4256500 / (0291) 7512390
Fax : (0291) 4256556
rspkumuhammadiyah77@yahoo.com

Pelayanan IGD dibuka 24 jam full. Tujuannya untuk me-nangani bermacam kejadian gawat darurat semisal kecelakaan Lalin (lalu lintas), kecelakaan-kerja dan lain sebagainya.

Posting Komentar untuk "Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Mayong Jepara"